Jumat, 06 Maret 2015

KARYA ILMIAH Lingkungan Bisnis "Memulai Bisnis Tanpa Modal"

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“MEMULAI BISNIS TANPA MODAL”

OLEH :
NAMA  : YOGA ADI PRASETIYA
                                                     NIM       : 14.11.8298
                                                     KELAS : 14-S1TI-11





SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
                             “STMIK AMIKOM YOGYAKARTA”
BAB 1
PENDAHULUAN
ABSTRAK
Di zaman yang serba canggih ini, alat komunikasi sudah banyak tersebar dimana-mana seperti : Telpon, Hp, Internet, Smartphone,Tablet dll. Sudah semakin mudah kita untuk berkomunikasi walaupun jaraknya sangat jauh, dengan kecanggihan teknologi ini kita dapat memanfaatkannya untuk berbisnis. Dan semakin mudahnya kita untuk memperkenalkan produk yang kita miliki kepada konsumen .misal lewat internet yaitu melalui blog maupun website.
Dengan adanya teknologi yang canggih ini marilah kita manfaatnya sebaik mungkin untuk bersilaturahmi dan terutama peluang untuk berbisnis. Kita sebagai Mahasiswa haruslah aktif mencari dan kreatif memanfaatkan peluang yang ada . Marilah kita mulai bisnis ini walaupun kita tak mempunyai modal untuk bisnis.

                                                            TUJUAN PENULISAN
Karya Ilmiah ini ditulis untuk memberikan informasi dan Tips-Tips mengenai Bisnis Tanpa Modal yang memberikan banyak sekali peluang-peluang sukses dari berbagai jalan.

                                                            RUMUSAN MASALAH?
1. Apa itu Bisnis Tanpa Modal ?
2. Apa saja macam-macam Bisnis Tanpa Modal?
3. Bagaimana Cara-cara Memulai Bisnis Tanpa Modal?
                                                            MANFAAT
1. Pembaca diharapkan mengetahui lebih luas mengenai bisnis Tanpa Modal?
2. Pembaca diharapkan mau memulai mencoba untuk berbisnis?


                                                           

BAB 2
  PEMBAHASAN

A.     Pengertian Bisnis Tanpa Modal
Bisnis Tanpa Modal adalah suatu bisnis yang memulainya tidak memerlukan modal alias gratis yaitu dengan bermodalkan kepercayaan dari orang yang akan kita ajak berbisnis.
B.     Macam-macam Bisnis Tanpa Modal
1.      Resseller (Menjualkan barang orang lain)
Anda tidak harus memiliki barang atau produk sendiri untuk anda jual. Anda bisa saja menjualkan barang milik kenalan anda dengan metode anda ambil barang, anda menjualnya, jika kemudian laku, baru anda membayar sejumlah uang sesuai jumlah barang yang laku terjual oleh anda. Di dalam bisnis online misalnya anda dapat menjual barang di toko online dengan metode dropshiping.
2.      Multifungsi Bisnis 
Ini  butuh kreatifitas anda. Multifungsi bisnis berarti anda menggunakan suatu barang atau memfungsikan suatu hal untuk bisnis dari barang atau hal yang sudah anda miliki sebelumnya. Contoh anda adalah seorang wirausaha yang memiliki warnet. Sebelum anda membaca artikel ini, anda mengira usaha warnet untuk rental dan penyedia jasa internet saja, namun setelah anda membaca artikel anda, anda kemudian memfungsikan apa yang sudah anda milkii agar lebih bermanfaat dan menghasilkan. Anda kemudian belajar bisnis online dengan membuka toko online, dropshiping, PPC, PTC dsb. atau anda bisa juga membuka layanan loket listrik onlin, PPOB pembayaran online. Multi fungsi bukan? Cobalah lihat barang atau hal yang sudah anda miliki, kemudian cari fungsi lain yang bernilai ekonomis. kekreatifitasan anda sangat menentukan.Misal Anda memiliki sebuah motor yang anda gunakan awalnya hanya untuk kuliah, tapi kenapa anda tidak menjadi tukang ojeg sehingga motor anda menjadi multi fungsi bisnis.
3.      Jasa Layanan
Jadilah penyedia jasa, bukan barang. Kenapa? karena dalam bisnis jasa yang paling di perlukan adalah keahlian bukan barang atau materi. Anda misalkan menyediakan jasa translate, berarti anda tak perlu mengeluarkan modal uang cukup memeras pikiran anda menerjemahkan bahasa. Yang terpenting dalam bisnis jasa adalah kepuasan konsumen. Dalam bisnis apapun, pelayanan kepada konsumen adalah harga mati dari sebuah usaha rumahan. Jadi berilah jasa dengan baik serta pelayanan yang memuaskan konsumen. Saya jamin usaha anda akan berkembang meskipun anda menjalankan bisnis berawal dari modal dengkul.



Cara-Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal
1.      Niat
Inilah kunci utama dalam berbisnis tanpa modal dengan niat yang kuat pasti ada jalan untuk berbisnis.
2.      Perluas Jaringan
Inilah langkah awal anda dalam berbisnis tanpa modal. Perbanyak relasi anda, jaringan di perluas. Para pengusaha sukses yang memulai dari nol, ternyata punya satu kesamaan yaitu memiliki jaringan yang luas di bidang bisnis yang mereka geluti.
Anda bisa memulai bisnis tanpa modal penghasilan besar jika anda bisa memperbanyak silaturahim karena anda akan menemukan banyak inspirasi dari banyak orang yang anda kenal. Atau anda akan mendapatkan jalan permodalan dalam bentuk investasi, bagi hasil atau program reseller yang memungkinkan  anda untuk menjalankan bisnis tanpa mengeluarkan uang dari saku anda yang terbatas.
3.      Pinjam_Uang
Teman yang ada ketika sedang dibutuhkan, inilah teman sejati. Pernah dengar kalimat seperti ini? Nah, pinjam uang dari teman dan jelaskan padanya mengenai potensi produk yang akan Anda luncurkan. Yakinkan dia seberapa besar profit yang bisa Anda dapatkan dari produk niche brilian itu. Tapi jangan terlalu membual, jelaskan dengan perhitungan yang masuk akal. Selain teman, Anda juga bisa meminjam uang dari kerabat keluarga.
4.      Sewa_Tempat
Pernah dengan istilah SOHO? Artinya, small office home office. Jadi Anda tidak perlu pusing sewa tempat lagi untuk ruangan kantor. Kalau Anda punya sisa ruang di rumah, ubahlah jadi ruang kantor.
5.      Cari Rekanan Kerja
Cari rekan kerja dari lingkaran teman-teman atau saudara Anda yang mau berinvestasi ke dalam bisnis Anda. Mungkin ini bisa meringankan beban sekaligus menolong Anda mendapatkan ide-ide baru. Mungkin juga, Anda dan rekan bisa menciptakan keajaiban baru.
6.      Pekerjakan Staff dengan Sistem bagi hasil
clip_image008Tidak ada salahnya mempekerjakan orang dengan sistem bagi hasil. Anda bisa menghemat banyak uang dan mereka akan mendukung penuh bisnis Anda
7.      Buat Website
Google menawarkan website gratis bagi usaha kecil menengah. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menciptakan dan merancang sebuah website. Website bisnis bisa menggaet banyak pelanggan baru. Copy dan paste URL website ke akun jejaring sosial pribadi Anda, lalu minta bantuan teman-teman untuk mempromosikan ke kenalan mereka. Kemungkinan Anda menjaring pelanggan potensial sangat besar.



8.      Fokus
Jika bisnis Anda tidak langsung menghasilkan profit (sebagian besar memang tidak), fokuslah untuk terus memperbaiki bisnis Anda dan cari tahu apakah ada yang salah.


BAB 3
KESIMPULAN
Peluang Bisnis semakin banyak dengan semakin canggihnya teknologi karena dengan adanya teknologi akan memperlancar bisnis yang akan kita jalankan. Jadi mulailah berbisnis jangan takut untuk gagal karena sesungguhnya kegagal adalah kesuksesan yang tertunda dan jangan takut untuk mencoba karena dengan mencoba kita akan tau bagaimana kita akan memulai hal yang baru.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar